Air Putih dan Ginjal

Penting Diingat: Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi 3 liter air setiap hari.*

Air putih. Kata yang dalam kehidupanku begitu asing rasanya. Memang dalam satu hari, satu atau dua gelas aku meminumnya, tetapi air putih bukan yang utama.

Kalau mau dirangking, minuman yang akrab denganku adalah: (1) kopi, (2) es jeruk, (3) teh, (4)air putih. Bagiku air putih hanyalah pelengkap, saat dahaga benar-benar diujung kerongkongan, namun bukan yang utama.

Bagiku, kopi adalah segalanya. Pagi hari, mata belum juga terbuka dengan sempurna, tapi otak ini sudah bekerja, bahwa kopi harus tersedia. Ya, kopi adalah kawan setia rokok. Paling tidak, kopi bisa memberi inspirasi bagiku, begitu juga rokok. Seakan otak ini berhenti bekerja dan harus dipacu agar segera berlari dengan cepat dengan bahan bakar kopi dan rokok.

Warung kopi di Jogja, juga akrab aku sambangi. Kopi susu biasanya aku pesan. Rasanya yang mantap, suasana tongkrongan yang asik menjadikan pembicaraan yang sering aku dan kawan-kawanku istilahkan “bermutu” dan “tak bermutu” menjadi sebuah suatu kenikmatan yang tiada terkira.

Namun, pagi yang belum juga sempurna telah merubah segala-galanya. Dering SMS dari Ponselku membuat aku terjaga dari tidur. Dan tak disangka tak diduga, tak dinyana tak dikira, tiba-tiba saja punggungku terasa nyeri begitu hebatnya. Dua jam, tubuhku terasa disiksa, sakitnya minta ampun.

Dokter adalah pilihan pertama saat pagi benar-benar sudah sempurna. Tes urine dulu sebelum aku diperiksa sepenuhnya, setelah dokter mendengar keluhanku.

Ginjal. Itu kata yang muncul dari mulut dokter. Kata itupula yang membuat aku begitu kegetnya. Aku jadi ingat bapak yang harus meninggalkan kami semua dengan penyakit yang sama, ginjal. Katanya, hanya air putihlah yang bisa menjadi penangkal setia bagi penyakit ini dan akupun percaya sepenuhnya.

Akhirnya karena ginjal itupula suda lebih dari dua pekan aku tidak minum kopi karena kopi dalam kamus penderita ginjal adalah haram hukumnya dikonsumsi. Dan tahukah kalian, rangking minumanku kini, (1) air putih, (2) es jeruk, (3) susu dan kadang teh sedikit-sedikit.

Kopi? Ah, tidak sajalah, aku takut meminumnya kini. Aku hanya kasihan sama produsen Coffemix, mereka kehilangan salah seorang pelanggan setianya. Aku hanya ingin bilang minumlah air putih yang banyak dan selamat tinggal kopi.

*Tulisan dalam botol air minum dalam kemasan (AMDK) merk Nestle Pure Life ukuran 1,5 liter.

About angscript

Aku hanyalah jurnalis kecil yang bekerja di media kecil di sebuah kota kecil dan menghadapi masalah-masalah kecil dan orang-orang kecil. Tulisan ini hanyalah tentang hal-hal kecil agar aku bisa belajar berkata-kata, saat kata belum terbungkam dan kata masih bisa menjadi senjata. Jangan dianggap serius!!! Lihat semua pos milik angscript

Tinggalkan Balasan

