Lanjar, Ayin & Dagelan Hukum

Melihat wajah Lanjar Sriyanto yang terpampang di beberapa koran beberapa hari terakhir, saya melihat adanya kepedihan yang begitu dalam. Usianya baru 36 tahun, tapi kesan ketuaan itu begitu terlihat dengan tubuh kurusnya. Kumis dan jambangnya lebat dengan tatapan mata yang begitu pilu menambah kesan ketuaan laki-laki itu.

Belum lagi, ada jeruji besi yang mengekang kebebasan Lanjar dalam foto di koran-koran itu. Dia hanya menunduk saat berkonsultasi dengan kuasa hukumnya, M Taufiq SH. Dia kini menjadi pesakitan kasus kecelakaan lalu lintas. Lanjar menjadi terdakwa atas kasus meninggalnya Saptaningsih dalam sebuah kecelakaan di Colomadu, Karanganyar, beberapa bulan yang lalu. Saptaningsih adalah istri Lanjar yang diboncengkan laki-laki yang sehari-hari menjadi buruh bangunan itu.

Ketika itu, Lebaran hari kedua. Lanjar, Saptaningsih dan anak mereka Warih baru saja pulang dari silaturahmi di kerabat mereka. Saat mereka melintas di Jl Adisucipto tiba-tiba mobil Carry yang ada di depan Lanjar mengerem mendadak hingga akhirnya Lanjar tidak bisa menghindari tabrakan. Sepeda motornya jatuh, Lanjar terplanting dan Septaningsih terpental ke kanan.

Namun, kejadian belum usai. Dari arah berlawanan, ada mobil Panther yang melaju kencang dan Septaningsih yang terkapar di jalanan ditabrak hingga tewas. Kini sudah sudah hampir empat bulan berlalu dan Lanjar dimintai pertanggungjawabannya di depan hukum. Jaksa mendakwa Lanjar karena kelalaiannya menyebabkan istrinya tewas seperti apa yang ada dalam Pasal 359 KUHP.

Dia menjadi terdakwa atas meninggalnya istrinya. Dia yang awam hukum mengikuti proses yang ada hingga akhirnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar menahannya. Keluarga kecil itu kini menjadi korban penegakkan hukum yang membutakan diri dari rasa keadilan. Septa ningsih telah meninggal, Lanjar ditahan dan Warih anak mereka mogok sekolah.

Hukum di negeri ini memang seperti dagelan. Hukum bisa begitu tegas bagi mereka orang kecil dan papa. Tapi hukum bisa sangat fleksibel bagi mereka yang punya kuasa dan uang. Lihat saja, Arthalyta Suryani alias Ayin yang bisa menikmati fasilitas istana di balik jeruji besi. Kamar Ayin di tahanan itu lebih mewah dari kamar tahanan lainnya dan lebih mewah dari kamar di kos atau rumah kontrakan buruh bergaji rendah.

Seorang pakar hukum di Solo pernah berkata, hukum itu benda mati sehingga proses penegakan hukum akan sangat bergantung pada aparat penegaknya. Ketika Lanjar harus duduk di kursi pesakitan pengadilan dan Ayin menjadi ratu di Rutan Pondok Bambu, ternyata slogan semua orang memiliki kedudukan sama di depan hukum nyatanya tidak berlaku lagi. Dulu orang miskin sudah dilarang sakit, dilarang sekolah dan sekarang orang miskin dilarang berurusan dengan hukum.

About angscript

Aku hanyalah jurnalis kecil yang bekerja di media kecil di sebuah kota kecil dan menghadapi masalah-masalah kecil dan orang-orang kecil. Tulisan ini hanyalah tentang hal-hal kecil agar aku bisa belajar berkata-kata, saat kata belum terbungkam dan kata masih bisa menjadi senjata. Jangan dianggap serius!!! Lihat semua pos milik angscript

2 responses to “Lanjar, Ayin & Dagelan Hukum

  • TEAM PENCARI KEADILAN BENYAMIN SARMONO

    PERJUANGAN MENGUNGKAP KEBENARAN YANG BERBUAH PAHIT DAN ENTAH SAMPAI KAPAN AKAN TERUNGKAP?????
    Jakarta 10 Januari 2010 ,Pk.22.15wib

    sebelumnya kami perkenalkan kami hanyalah orang-orang yang peduli akan nasib salah satu sahabat kami yang bernama Benyamin Sarmono yang mungkin kawan-kawan jika masih ingat atau pernah mengikuti masalah yang pernah dialaminya mengenai keberanian beliau mengungkap permasalahn Ijazah palsu yang digunakan seorang Bupati di daerah Sragen tempat domisilinya Tahun 2000 silam.
    yang sampai menjadikan beliau diusir beserta keluargannya dari kampung halamannya sendiri demi mengungkap sebuah kebenaran.Ternyata masih berlaku hal-hal seperti ini dijaman Reformasi seperti sekarang ini dan yang lucunya sampai sekarang permasalahan itu tidak kunjung selesai dikarenakan yang…menurut kami YANG NAMANYA KEADILAN DAN HUKUM DI NEGERI TERCINTA KITA INI MASIH SANGAT MAHAL HARGANYA BAGI MEREKA YANG INGIN MEMBELA KEBENARAN DAN MENGUNGKAP FAKTA KEBENARAN^-^

    Dengan ini saya dan kawan-kawan lainya yang peduli dengan keadaan Benyamin Sarmono sahabat kami ini ,kami sepakat untuk membuat penggalangan untuk dan agar saudara-saudara/ri sebangsa setanah air untuk peduli dan membuka mata dan hati kita semua untuk memberikan dukunggan Moril kepada sahabat kami ini Benyamin Sarmono agar KEADILAN DI NEGERI TERCINTA KITA INI TETAP TEGAK DAN DIRASAKAN OLEH KAUM-KAUM YANG TERTINDAS SEPERTI YANG DIALAMI SAHABAT KAMI INI BENYAMIN SARMONO.Karena sekarang yang dialami oleh saudara kami ini Benyamin Sarmono dia hanya hidup dengan rasa ketakutan dan tidak memiliki tempat tinggal dikarenakan BELIAU HANYA INGIN MENGUNGKAP KEBENARAN.Dan untuk jelasnya saya dan kawan-kawan melampirkan kronologis kejadian yang dialaminya bisa di baca di: http://benyaminsarmonopencarikebenaran.blogspot.com/ dan juga beberapa hasil wawancara Beliau di: http://www.facebook.com/group.php?v=info&ref=mf&gid=274342406647#/group.php?v=info&ref=mf&gid=274342406647
    dengan beberapa media cetak yang maaf….sekarang tidak pernah lagi ada kejelasannya alias …maaf…seperti hilang dan tidak ada kejelasannya secara HUKUM sedangkan disisi lain Beliau sekarang hidup dengan jalan menggungsi dari satu tempat ke tempat lain dan hanya dapat menafkain keluarganya hanya dari belas kasihan kawan-kawan yang peduli kepadanya yang dikarenakan kehidupannya beliaupun tidak bisa berjalan Normal seperti dahulu…untuk kliping wawancara beliau bisa di lihat di facebook di dinding foto yang bisa diklik di kolom foto di alamat grup facebook diatas.

    Inilah salah satu wujud bentuk ketidak adilan di negeri kita ini.Mari kawan2 semua berikan dukunggan Moril kepada saudara kita BENYAMIN SARMONO dengan bergabung di posko yang kami bentuk dan bilamana kawan kawan ada yg ingin memberikan bantuan secara Moril dan materil silahkan menghubunggi posko peduli Benyamin Pencari Kebenaran : 0858 1463 9666 – 0878 8345 2055 (WIL JABODETABEK)
    0812 2977 7493 (WIL DIY ) 0818 0249 2555 (WIL JAWA TENGAH)
    (untuk data – data yang lengkap tentang saudara Benyamin ini beserta bukti fakta yang ada bilamana kawan-kawan semua ingin membantu kami untuk menyebarluaskan silahkan hub kami di nomor telepon posko peduli Benyamin Sarmono Pencari Kebenaran yang kami cantumkan diatas)

    • angscript

      Sungguh, keadilan memang belum hadir di negeri ini. siap nanti disebarluaskan. Benyamin, Lanjar, dan masih banyak lagi orang-orang lemah lainnya yang menjadi ‘korban’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: